Rabu, 15 Mei 2013

E-BISNIS

E-Bisnis  dan E-Commerce 
  1. “E-Commerce is part of E-Business” 
  2. Kegiatan perniagaan merupakan bagian dari kegiatan bisnis 
  3. E-Commerce : “Trade of goods and service” 
  4. Transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa
E-Commerce bagian E-bisnis
Tiga Tipe Aplikasi
  1. Electronic Markets (EMs) adalah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar 
  2. Electronic Data Interchange (EDI) Sarana untuk mengefesienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial
  3. Internet Commerce Penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan
Karakteristik E-Commerce 
  1.  Transaksi Tanpa Batas Batas-batas geografi sudah tidak menjadi penghalang
  2.   Transaksi anonim Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya 
  3.  Produk barang tak berwujud Produk yang dijual tidak berwujud 
Mekanisme E-Commerce 
  1. Transaksi yang terjadi didunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperliness transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, malinkan dokumen elektronik (digital document) 
  2.  Transaksi Online
  •   Untuk Produk Software, pembeli diijinkan mendownloadnya
  •   Untuk Produk berwujud, dilakukan pengiriman 
  •  Untuk produk jasa, jasa layanan sesuai waktu dan tempat yang diinginkan 
Jenis E-Commerce 
  1.  Business to business adalah sistem komunikasi bisnis on line antar pelaku bisnis Karakteristiknya : Trading patner,Pertukaran data dilakukan berulang-ulang dengan format yang telah disepakati, model peer-peer dimana processing intelligence dapat didistribusikan dikedua pelaku bisnis
  2.  Business to Consumer adalah mekanisme toko online, transaksi antara produsen dengan konsumen Karakteristiknya : Terbuka untuk publik, service yang dilakukan bersifat umum, Service berdasarkan permintaan konsumen sedangakan produsen hanya merespon, model client server
 Peluang E-commerce
  1.  Aliran pendapatan baru lebih menjanjikan (REVENUE STREAM
  2.  Meningkatkan pangsa pasar( MARKET EXPOSURE ) 
  3. Menurunkan biaya operasional (OPERATING COST ) 
  4.  Melebarkan jangkuan (GLOBAL REACH )
  5.  Meningkatkan kesetian konsumen (CUSTOMER LOYALITY) 
  6.  Meningkatkan suplier manajemen (SUPPLIER MANAGEMENT)
  7.  Memperpendek waktu produksi (PRODUCTION TIME)
  8.  Meningkatkan mata rantai pendapatan(VALUE CHAIN )
 Resiko E-Commerce 
  1.  Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan 
  2. Pencurian Informasi rahasia yang berharga 
  3.  Kehilangan kesempatan bisnis karena karena gangguan pelayanan
  4.  Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak
  5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen 
 Faktor Pendorong Berkembangnya E-Commerce 
  1.  Kemajuan Teknologi & Infrastruktur sistem komunikasi 
  2. Meledaknya sistem perdagangan global 
  3.  Sistem perdagangan real time 
  4.  Tersedianya teknologi sistem keamanan
  5.  Politik
  6.  Pengakuan terhadap pernyataan yang sah

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management