E-Bisnis dan E-Commerce
Tiga Tipe Aplikasi
- “E-Commerce is part of E-Business”
- Kegiatan perniagaan merupakan bagian dari kegiatan bisnis
- E-Commerce : “Trade of goods and service”
- Transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa
Tiga Tipe Aplikasi
- Electronic Markets (EMs) adalah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar
- Electronic Data Interchange (EDI) Sarana untuk mengefesienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial
- Internet Commerce Penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk perdagangan
- Transaksi Tanpa Batas Batas-batas geografi sudah tidak menjadi penghalang
- Transaksi anonim Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya
- Produk barang tak berwujud Produk yang dijual tidak berwujud
- Transaksi yang terjadi didunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperliness transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, malinkan dokumen elektronik (digital document)
- Transaksi Online
- Untuk Produk Software, pembeli diijinkan mendownloadnya
- Untuk Produk berwujud, dilakukan pengiriman
- Untuk produk jasa, jasa layanan sesuai waktu dan tempat yang diinginkan
- Business to business adalah sistem komunikasi bisnis on line antar pelaku bisnis Karakteristiknya : Trading patner,Pertukaran data dilakukan berulang-ulang dengan format yang telah disepakati, model peer-peer dimana processing intelligence dapat didistribusikan dikedua pelaku bisnis
- Business to Consumer adalah mekanisme toko online, transaksi antara produsen dengan konsumen Karakteristiknya : Terbuka untuk publik, service yang dilakukan bersifat umum, Service berdasarkan permintaan konsumen sedangakan produsen hanya merespon, model client server
- Aliran pendapatan baru lebih menjanjikan (REVENUE STREAM
- Meningkatkan pangsa pasar( MARKET EXPOSURE )
- Menurunkan biaya operasional (OPERATING COST )
- Melebarkan jangkuan (GLOBAL REACH )
- Meningkatkan kesetian konsumen (CUSTOMER LOYALITY)
- Meningkatkan suplier manajemen (SUPPLIER MANAGEMENT)
- Memperpendek waktu produksi (PRODUCTION TIME)
- Meningkatkan mata rantai pendapatan(VALUE CHAIN )
- Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan
- Pencurian Informasi rahasia yang berharga
- Kehilangan kesempatan bisnis karena karena gangguan pelayanan
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen
- Kemajuan Teknologi & Infrastruktur sistem komunikasi
- Meledaknya sistem perdagangan global
- Sistem perdagangan real time
- Tersedianya teknologi sistem keamanan
- Politik
- Pengakuan terhadap pernyataan yang sah
0 komentar:
Posting Komentar